What is Stress?

What is Stress?

Definisi Stres Netral/Positif

Stres tidak selalu buruk – TERGANTUNG PADA BAGAIMANA Anda menanggapinya. “Stres akibat pekerjaan yang menyenangkan, kreatif, dan sukses itu bermanfaat, sedangkan kegagalan, penghinaan, atau infeksi itu merugikan.

Dengan kata lain, dampak stres bergantung pada apakah Anda memandang situasi tersebut sebagai positif atau negatif.

Definisi Stres Saat Ini – Negatif

Stres merupakan suatu kondisi atau perasaan yang dialami ketika seseorang merasa bahwa "tuntutan melebihi sumber daya pribadi dan sosial yang dapat dikerahkan oleh individu tersebut."

Dengan kata lain, stres adalah sesuatu yang kita alami saat menghadapi suatu situasi dan kemampuan kita untuk mengatasinya diuji. Kita merasa kehilangan kendali atas berbagai peristiwa.

faktor penyebab stres

FAKTOR INTERNAL

Tipe Kepribadian
Kepribadian memengaruhi cara berpikir dan perilaku. Kepribadian juga dapat berdampak signifikan pada kehidupan sosial Anda. Anda mungkin mengenal beberapa orang yang keras kepala atau suka berdebat. Lalu ada orang yang justru sebaliknya. Mereka sabar, pengertian, dan ingin membantu.

Locus of Control
Locus of control merupakan salah satu variabel kepribadian yang diartikan sebagai keyakinan individu bahwa dirinya mampu mengendalikan kejadian-kejadian dalam hidupnya (lokus kontrol internal) atau keyakinan individu bahwa lingkungannya mampu mengendalikan kejadian-kejadian dalam hidupnya.

FAKTOR EKSTERNAL

Lingkungan
Stresor lingkungan merujuk pada aspek lingkungan seseorang yang meningkatkan stres mental atau emosional dalam kehidupan mereka. Contoh stresor lingkungan meliputi suara keras, suhu ekstrem, kerumunan besar, dan ancaman kejahatan.

Masalah Keluarga
Masalah dalam keluarga memang dapat memicu stres. Misalnya, kondisi seperti anggota keluarga yang sakit, masalah keuangan, masalah peran yang tidak seimbang di rumah, atau konflik antar anggota keluarga.

Kondisi Fisik
Perubahan kondisi fisik juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami stres. Hal ini menyebabkan seseorang mudah merasa lemas, pusing, migrain, gangguan pencernaan, nyeri otot, dan jantung berdebar-debar.

"Bukan stres yang membunuh kita, melainkan reaksi kita terhadapnya." (Hans Selye) 

“Senjata terhebat melawan stres adalah kemampuan kita untuk memilih satu pikiran daripada yang lain.” (William James)

Stres tidak selalu buruk, tetapi stres jangka panjang dapat membahayakan kesehatan Anda. Stres tidak dapat dihilangkan, tetapi kita menghadapi stres dengan cara yang berbeda. Jika Anda mengalami kesulitan menghadapi stres, konsultasikan dengan psikolog untuk menemukan cara mendiagnosis dan mengelolanya dengan lebih baik.

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.