How to Maintain Eye Health in Pandemic Era

How to Maintain Eye Health in Pandemic Era

Sahabat Hermina, “Mata Adalah Jendela Dunia” tentu sahabat hermina sering mendengarnya bukan?. Mata adalah salah satu organ indera yang penting bagi manusia. Melalui rangkaian proses yang terjadi di dalam mata, kita mendapatkan banyak informasi tentang objek yang ada di sekitar. Untuk itu kesehatan mata harus tetap dijaga, terlebih di masa sekarang ini, yaitu masa atau era daring.

 

Semenjak  sekolah atau belajar dari rumah, mau tidak mau anak harus menatap layar laptop dan juga smartphone dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. Jika mata kita menatap layar laptop atau smartphone secara terus menerus maka dapat terjadi masalah pada penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome. Masalah ini ditandai dengan dua hal, yaitu dry eye atau mata kering dan juga eye strain atau mata lelah.

 

Mata kering dapat terjadi ketika kita terlalu lama menatap layar sehingga lupa atau kurang berkedip. Sementara itu, eyestrain atau mata lelah adalah masalah yang terjadi karena kecerahan dari layar elektronik yang terlalu terang. Berkedip diperlukan untuk mengembalikan lapisan cairan tipis pada mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata. Kalau kita kurang berkedip, maka mata kita akan terasa kering, kurang nyaman, dan penglihatan dapat menjadi kabur.

 

Sahabat Hermina, lalu bagaimana caranya agar mata kita tetap sehat di era daring ini? Sahabat Hermina Bisa mencoba tips berikut::

 

  1. Gunakan laptop atau smartphone maksimal 2 jam

Jangan biarkan mata terlalu lama menatap gawai agar tidak lelah, Sahabat Hermina bisa mencoba rumus 20-20-20. Rumus ini memiliki arti setiap memandang layar laptop atau smartphone selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 m). Hal ini dapat membantu mata agar menjadi lebih rileks.

 

  1. Hindari layar yang terlalu silau.
    Mata akan merasa tidak nyaman jika menatap layar yang terlalu terang. Sahabat hermina bisa mengatur pencahayaan smartphone atau laptop atau bisa menggunakan mode dark pada smartphone atau laptop.
  2.  Jaga antara mata dengan layar minimal 40-50 cm.
    Lebih baik jangan terlalu dekat karena mata bekerja lebih keras ketika jarak pandang kita terlalu dekat

 

  1. Lakukan relaksasi mata.
    Beberapa hal dapat dilakukan untuk mengurangi mata lelah seperti memijat area di sekitar mata dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah, menggosok kedua tangan sampai hangat lalu ditempelkan di mata, atau bisa juga dengan menempelken handuk hangat atau dingin di mata.


5. Konsumsi makanan yang baik bagi mata.
Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, bayam, brokoli, susu, dan kuning telur dapat membuat mata kita menjadi lebih sehat. Selain itu di era pandemi COVID-19 saat ini, konsumsi makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk membangun pertahanan tubuh anak  yang lebih kuat.

 

  1. Periksakan kesehatan mata secara rutin

Perlu diketahui bahwa kesehatan mata dapat menurun tidak secara drastis dan anda mungkin tidak merasakan gejalanya. Memeriksakan kesehatan mata secara rutin adalah hal yang sebenarnya cukup penting untuk menjaga kesehatan mata. Agar bila ternyata anda mengalami gejala penyakit mata yang cukup parah, dokter dapat melakukan tindakan preventif dan penanganan sebelum bertambah parah. Rumah Sakit Hermina menjadi salah satu pilihan untuk memeriksakan kesehatan mata. Rumah Sakit Hermina Ciputat memiliki tenaga kesehatan yang handal dan penunjang yang lengkap.

 

Nah Sahabat Hermina, mari kita terapkan bersama-sama agar kita dapat mengikuti era daring ini dengan mata yang tetap sehat!

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.