Neck feels tense? What are the Signs of High Cholesterol?

Neck feels tense? What are the Signs of High Cholesterol?

Have you ever experienced a neck that feels tense and stiff, making it very difficult to move? Some people believe that this is caused by high cholesterol in the body. But is it really like that?

Cholesterol is one of the ingredients that the body actually needs to keep the body's cells healthy. However, the levels or portions of this content must continue to be maintained within normal limits. To find out more about the symptoms of high cholesterol and the truth about the neck becoming tense due to this disorder, let's read the complete information, friend Hermina.

Not a few people ask their doctor whether a tense neck can be a symptom of high cholesterol? The interesting fact is that the feeling of discomfort in the neck area is not related to cholesterol levels in the body. Everyone can feel a tense and stiff neck when cholesterol levels are high or low because there is no correlation or connection.

High cholesterol in a person does not actually cause any symptoms when it occurs, so a special examination is needed to confirm this. It is highly recommended to check yourself regularly or periodically regarding cholesterol levels in the body. This is because if it is very high for a long time it can cause serious problems, because it can affect the functioning of the heart.

Kadar kolesterol yang berada di atas batas normal dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Selain itu, seseorang juga bisa berisiko terkena stroke karena disebabkan oleh penurunan aliran oksigen ke otak secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian pada seseorang yang mengalaminya.

 

Tanda-tanda seseorang mempunyai kadar kolesterol tinggi

Kadar kolesterol tinggi dalam darah tidak menimbulkan gejala apa pun yang terlihat, sehingga sebenarnya sangat penting untuk memeriksakannya secara rutin dan teratur. Lalu, Anda juga perlu mengetahui beberapa tanda yang patut diwaspadai sebagai tanda peningkatan kolesterol saat sudah di ambang batas normal. berikut beberapa tandanya

 

  • Obesitas dan Lingkar Pinggang Besar

Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh 30 atau lebih tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk memiliki kolesterol tinggi dalam tubuhnya. Pria yang memiliki lingkar pinggang 40 inci atau lebih dan wanita yang memiliki lingkar pinggang 35 inci berisiko mengalami kolesterol tinggi dibandingkan dengan seseorang yang memiliki lingkar pinggang normal.

 

  • Hasil Panel Lipid Total

Hasil panel lipid total yang ideal adalah di bawah 200 mg/dL. Jika hasil pemeriksaan ini 240 mg/dL atau lebih, maka kadar kolesterol dalam tubuh Anda tergolong tinggi. Kadar normal kolesterol dalam tubuh adalah antara 200 hingga 239 mg/dL sebagai acuan standar.

 

  • Hasil Panel Lipid LDL

Salah satu pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh adalah panel lipid LDL. Jika pada pemeriksaan kadar LDL berada pada angka 160 mg/dL atau lebih tinggi, maka kolesterol dalam tubuh dianggap tinggi. Kolesterol LDL sering dianggap sebagai kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami komplikasi.

 

Itulah penjelasan leher tegang yang sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Penting untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan kolesterol tinggi karena risikonya terhadap kesehatan Anda. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengantisipasi penyakit berbahaya. Dan jangan lupa untuk rutin melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan sehat untuk menurunkan risiko kolesterol tinggi.

 

Referensi

saluran kesehatan. Diakses pada 2024. Gejala Kolesterol Tinggi.

Institut Kesehatan Nasional (2024). Institut Jantung, Paru-Paru, dan Darah Nasional. Kolesterol Darah.

Arcare. Diakses pada 2024. 5 Tanda Anda Memiliki Kolesterol Tinggi & Cara Menjaganya.

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.