First aid

First aid

Every activity or work process carried out in the workplace contains a risk for work accidents ranging from mild, moderate, to severe levels. Various prevention efforts are carried out so that work accidents do not occur by providing skills to take first aid measures to deal with possible accidents. Therefore, every workplace must have a First Aid (First Aider) officer or at least every employee is equipped with the skills to perform first aid when an accident or medical emergency occurs.

 

The goals of FIRST AID in the workplace are:

    Saving souls at work
    Provides a sense of comfort and supports the healing process
    Preventing worse things from happening to the victim
    Calming sufferers or victims who are injured at work

 

Basic First Aid Principles:

1. Do not move or change the position of the injured person, especially if the injury occurred due to a fall, a violent fall from a height or other force. Move or change the patient's position only if your action is to save yourself from another danger.

2. Act quickly if the patient experiences bleeding, difficulty breathing, burns, or is shocked (shock).

3. Do not give any fluids to a person who is unconscious or semi-conscious. Fluids can enter the respiratory tract and cause difficulty breathing for the sufferer.

4. Do not give alcohol to patients who are seriously injured.

 

Sufferers of Shock/Surprised

A person goes into shock, his face will look pale, his body is cold and sweaty, breathing fast, heart beating fast. How to handle:

1. Try to lie down and place the feet in a higher position than the head, unless there is a wound on the head

2. Cover the body to keep it warm, but not too hot

3. Give sugar drinks to the patient if the patient is in a state of complete consciousness

 

Choking Food

1. Stand behind the patient, hug his waist with both hands

2. Clench your fists and press your fists on the upper abdomen just below the ribs, and above the navel

3. Firmly pull your fist up and repeat several times until the food comes out of the sufferer's throat.

Bahan Kimia atau Serangga Mengenai Mata

Baringkan korban dan tuangkan air steril ke dalam matanya untuk menghilangkan bahan kimianya, kemudian kompreslah dengan kain kassa steril dan segera kunjungi atau panggil dokter terdekat.

 

Jika serangga yang mengenai mata, ambillah dengan ujung saputangan bersih, jangan sekali - kali mengusap dengan tangan telanjang, segeralah kunjungi dokter apabila mata masih dirasa tidak nyaman.

 

Sengatan Serangga

Apabila tersengat lebah dan muncul bengkak, kompreslah segera dengan es, tidak sedikit dari orang yang tersengat lebah akan timbul alergi, segerlah ke dokter agar diberikan pertolongan.

 

Keracunan

Berilah minum (air putih, susu tawar, air kelapa) sampai penderita bisa memuntahkan makanannya, akan tetapi tidak semua orang bisa memuntahkan makanannya. Segeralah dibawa ke rumah sakit agar ditolong oleh dokter.

 

Luka Bakar

Alirkan/siram dengan air biasa/air mengalir di tempat yang terbakar, jika lukanya masih di tahap pertama hingga rasa sakit hilang, Jika luka bakar sudah melepuh sebaiknya langsung dibawa ke dokter.

 

Luka lecet/Gores/Tersayat

Cucilah dengan air, dan tutuplh luka dengan plester, band aid. Namun, jika luka terlalu besar dan dalam segeralah dibawa ke dokter.

 

Perdarahan

Hentikan perdarahan dengan cara menekan luka atau secara luka. Tekan terus-menerus, jangan melepas tekanan tiap sebentar hanya untuk melihat perdarahan sudah berhenti. Apabila setelah dilakukan tekanan tetapi perdarahan tidak berhenti, memungkinkan nadi atau pembuluh darah balik akan teputus, tekan nadi yang di dekat luka untuk menghentikan alirah darah dari jantung ke tempat lain. Segeralah ke dokter.

 

Patah Tulang

Jangan mencoba mengangkat atau memindahkan badan korban jika belum mahir melakukannya, jika tulang belakang yang patah, korban hanya boleh diusung dengan hati-hati dengan posisi berbaring di atas alas keras. Untuk patah tulang rahang, angkatlah rahang bawah hingga gigi atas dan bawah bersatu, lalu diikat dan dibawa ke dokter. Untuk patah tulang tangan dan kaki gunakan tongkat atau setumpuk koran untuk menyangga lalu balutlah sebagai penyangga sebelum bertemu dengan dokter.

 

Terkilir

Letakkan bagian tubuh yang terkilir lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain untuk mencegah pembengkakan, segeralah ke dokter agar tidak terjadi perburukan di kemudian hari.

 

Hal-hal diatas merupakan langkah yang bisa dilakukan apabila mendapati hal tersebut terjadi di perusahaan atau di sekitar kita. Tindakan cepat dan tepat akan mengurangi resiko dan kemungkinan terburuk terjadi bagi penderita. Membawa korban ke Dokter Spesialis Orthopedi menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi dan menangani kecelakaan yang terjadi pada tempat kerja.

 

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.