Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Memiliki tubuh yang sehat adalah kebutuhan setiap manusia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah kewajiban karena dengan tubuh yang sehat mampu melakukan setiap aktivitas dengan baik dan penuh semangat. Untuk memiliki tubuh yang sehat kita juga bisa memulai dengan pola pikir yang positif kemudian melakukan aktifitas fisik dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Penulis kali ini akan mengajak pembaca untuk menyimak beberapa cara untuk melakukan pola hidup yang sehat. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) dalam keterangan tertulisnya, mengupdate cara  pola hidup sehat. 

 

Aktivitas Fisik

Jika kita ingin memiliki tubuh yang sehat kita harus rutin melakukan aktifitas fisik. Aktivitas fisik memiliki 3 komponen utama dalam melakukannya, yaitu stamina, Strength, Suppleness.

1. Dengan sirkulasi yang baik ke jantung dan paru-paru mencegah nafas terengah-engah sehingga memiliki stamina yang baik.

2. Pemanasan pada leher, tulang belakang, dan sendi mencegah keseleo dan otot tertarik

3. Pembentukan otot untuk melakukan aktivitas fisik ringan - berat

Dalam aktivitas fisik dapat dilakukan beberapa kegiatan yaitu naik turun tangga, jalan cepat, bersepeda, angkat beban, dan lain-lain.

Berikut beberapa manfaat dari melakukan aktivitas fisik yaitu berkurangnya risiko terkena penyakit ringan maupun kritis, bertambahnya energi untuk beraktivitas, badan terasa lebih sehat

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi adalah sebuah pola hidup sehat yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Makanan yang bergizi harus mengandung mikronutrien dan makronutrien. Untuk memperoleh makanan yang bergizi sangat mudah kita temukan di rumah. Beberapa bahan makanan yang dapat kita temukan sebagai sumber makanan yang bergizi, seperti sumber karbohidrat, protein, serat dan vitamin yaitu telur, ikan, nasi, roti, sayuran dan buah-buahan. Dari semua bahan makanan tersebut dapat kita kelolah dengan mudah di rumah.

Dengan melakukan aktifitas fisik dan mengkonsumsi makanan bergizi maka kita telah melakukan pola hidup yang sehat. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hermina Balikpapan

 

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.