Short Body Posture Due to Growth Hormone Deficiency Dwarfism, Can It Still Be Treated?

Short Body Posture Due to Growth Hormone Deficiency Dwarfism, Can It Still Be Treated?

Defisiensi hormon pertumbuhan (Growth Hormone Deficiency) merupakan suatu kondisi kekurangan kadar hormon pertumbuhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kondisi ini bisa terjadi pada masa kanak-kanak dan remaja. Diagnosis defisiensi hormon pertumbuhan didasarkan pada kriteria klinis, biokimia dan radiologi. Tubuh pendek bisa terjadi karena seseorang mengalami dwarfisme. Meski begitu, jangan khawatir karena dwarfisme sebenarnya masih bisa diobati asalkan belum terlambat.

“Penting untuk memantau pertumbuhan secara rutin dan terus menerus agar tidak terjadi keterlambatan diagnosis,” ujar dr. Harjoedi Adji Tjahjono, Sp.A(K) selaku dokter spesialis anak konsultan endokrin yang berpraktik di RS Hermina Tangkuban Perahu Kota Malang.

Oleh karena itu, pendekatan klinis terhadap gangguan pertumbuhan linier yang umumnya bermanifestasi sebagai perawakan pendek perlu dilakukan secara cermat untuk mengetahui kondisi yang mendasarinya, sehingga pengobatan dapat diberikan pada waktu dan metode yang tepat. Anak dengan perawakan pendek biasanya akan terus berlanjut hingga dewasa dan kondisi ini dapat menjadi penghambat anak dalam mencapai cita-citanya. Misalnya profesi seperti polisi, tentara, pramugari yang memiliki syarat minimal tinggi badan.

Salah satu pemeriksaan untuk memastikan diagnosis defisiensi hormon pertumbuhan yang dapat dilakukan di Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu Kota Malang adalah tes stimulasi hormon pertumbuhan.

“Untuk persiapannya, anak harus dalam kondisi puasa dan diberikan suntikan insulin terus menerus maksimal 2 jam. Stres yang dipicu oleh hipoglikemia dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan. Selama proses tersebut anak akan didampingi oleh tenaga medis dan laboratorium. analis untuk memantau tanda-tanda hipoglikemia dan mengambil sampel darah sesuai waktu yang ditentukan,” tambah dr. Harjoedi Adji Tjahjono, Sp.A(K).

Terapi hormon pertumbuhan diresepkan oleh ahli endokrinologi anak. Tujuan utama terapi defisiensi hormon pertumbuhan adalah mengoptimalkan tinggi badan pada masa pertumbuhan dan mencapai tinggi badan dewasa normal. Seperti yang dirasakan ibu salah satu pasien yang mendapat terapi hormon pertumbuhan di RS Hermina Tangkuban Perahu Kota Malang.

Jadi bagi Sobat Hermina yang merasa anaknya lebih pendek dibandingkan anak lain seusianya, jangan ragu untuk memeriksakan kondisinya ke RS Hermina Tangkuban Perahu Kota Malang. Rumah Sakit Hermina Tangkuban Perahu Kota Malang memiliki dokter spesialis anak spesialis endokrinologi yang akan membantu kegelisahan hati para orang tua yang memiliki anak pendek. Bantu anak mencapai tinggi badan optimal untuk masa depan yang lebih baik.

Sumber :

Lembaga Kesehatan Nasional
Kementerian Kesehatan RI
Dr. Harjoedi Adji Tjahjono, Sp.A(K)

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.