Frequently tying your hair can cause headaches

Frequently tying your hair can cause headaches

Sering mengikat rambut bisa menyebabkan sakit kepala

Mengikat rambut merupakan sebuah kebiasaan yang suka dilakukan oleh wanita maupun pria yang memiliki rambut panjang. Meski bisa membuat penampilanmu lebih simpel, rapi, dan cantik, namun mengikat rambut ternyata bisa membuat pusing kepala bagi sebagian orang lho.

Mengikat rambut Anda baik-baik saja. Sebaiknya jangan melakukannya terlalu cepat atau terlalu lama. Penelitian telah membuktikan bahwa mengikat rambut terlalu kencang atau terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala.

Jenis sakit kepala akibat mengikat rambut ini dikenal dengan nama sakit kepala ekor kuda. Disebut kuncir kuda karena sakit kepala jenis ini biasanya terjadi jika seseorang mengikat rambutnya menjadi kuncir kuda.

Faktanya, sakit kepala terjadi akibat akar rambut dan kulit kepala tertarik terlalu kencang. Penarikan akar rambut dan kulit kepala ini akan menyebabkan tubuh mengirimkan sinyal ke otak dan menyebabkan allodynia.

Allodynia artinya gangguan persepsi yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri padahal tidak ada yang merugikan tubuh. Allodynia adalah suatu kondisi yang menyebabkan sakit kepala ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang.

Dari semua jenis ikat rambut, model ponytail paling sering menimbulkan sakit kepala karena seluruh rambut ditarik ke belakang dan biasanya diikat erat dengan karet. Selain karena rambut dikuncir, sakit kepala juga bisa terjadi jika seseorang memakai ikat kepala, topi, jepit rambut, atau rambutnya dikepang rapat.

Mengatasi Sakit Kepala Akibat Mengikat Rambut

Mengatasi sakit kepala akibat ikatan rambut yang terlalu kencang tidaklah sulit. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melepas ikatan rambut. Setelah itu, mulailah memijat kulit kepala agar akar rambut dan kulit kepala lebih rileks.

Umumnya kedua tindakan tersebut cukup mengatasi sakit kepala akibat mengikat rambut terlalu kencang.

Jika sakit kepala mulai sering terjadi, yuk ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Lepaskan kuncir kuda

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melepaskan kuncir kuda. Kemudian pijat lembut kulit kepala Anda di area yang nyeri dan luangkan waktu sejenak untuk bernapas dalam-dalam.

Sakit kepala kompresi eksternal ini akan hilang dalam waktu satu jam setelah ikatan rambut dilepas. Jika Anda sering mengalami sakit kepala seperti ini, sebaiknya pertimbangkan untuk mengubah gaya rambut.

Lepaskan ikatan rambut Anda setiap jam atau lebih untuk memberikan kesempatan pada saraf di kulit kepala Anda pulih dari ketegangan akibat ditarik. Jika Anda melakukan ini cukup sering, frekuensi sakit kepala akibat kuncir kuda akan berkurang.

2. Ubah gaya rambut Anda dan minum obat

Memilih gaya rambut pendek atau mengepang rambut dengan longgar mungkin bisa menjadi pilihan untuk mencegah sakit kepala ponytail. Jika Anda perlu menata rambut Anda dengan kuncir kuda untuk olahraga atau sekadar untuk kenyamanan, maka perhatikan waktunya.

Jika sakit kepala tidak kunjung teratasi meski sudah minum obat, mungkin kondisinya tidak ada hubungannya dengan gaya rambut. Mungkin ada penyebab lain yang tidak Anda ketahui. Sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.