Vaccine injection can break the fast, right? Come on, look at the facts!

Vaccine injection can break the fast, right? Come on, look at the facts!

Di bulan suci Ramadhan ini, umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Puasa dilakukan atau dilaksanakan sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Lantas, banyak pertanyaan yang muncul, boleh atau tidaknya vaksinasi suntik saat bulan puasa?

Faktanya, masih banyak di masyarakat yang ragu dan cemas untuk mendapatkan vaksinasi karena takut dapat membatalkan puasa yang sedang mereka jalani. Jika Anda salah satu yang khawatir akan hal tersebut, yuk simak informasinya berikut ini

Vaksinasi sangat diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Beberapa ahli pun menjelaskan, termasuk menurut sumber dari GoodRx, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia tidak masuk ke sistem pencernaan. Oleh karena itu, hal ini tidak akan membatalkan puasa umat Islam.

Proses yang dilakukan dalam pemberian vaksin ini dilakukan melalui alat suntik, sehingga cairan atau obat langsung masuk ke otot lengan. Kesimpulannya, Anda tetap bisa mendapatkan vaksin melalui suntikan saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Menurut British Islamic Media Association seperti dilansir Huffington Post, vaksinasi sangat aman saat berpuasa. Sebab, vaksin tersebut tidak mengandung kandungan nutrisi dan tidak ada kandungan produk hewani.

Dipastikan semua komponen vaksin tidak membatalkan puasa. Menerima vaksin saat berpuasa tidak membatalkan puasa, sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021.

Untuk obat-obatan lain yang diminum secara oral, Anda harus menyesuaikan jadwal pemberian dosis seiring waktu bulan Ramadhan . Namun sebelum mengubah jadwal pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang diperlukan.

Sangat penting untuk tidak menghentikan atau mengubah dosis obat tanpa berkonsultasi dengan dokter, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Jika Anda masih ragu apakah vaksin merupakan sesuatu yang bisa membatalkan puasa, Anda bisa mendapatkan vaksin setelah berbuka puasa. Usahakan mencari tempat yang menyediakan vaksinasi setelah berbuka puasa. RSU Hermina Medan memberikan layanan vaksin setiap hari Senin sampai Jumat hingga malam hari

Mengapa perlu melakukan vaksinasi di RSU Hermina Medan? Inilah kelebihannya

Vaksinasi diberikan dengan dosis yang sesuai dan oleh dokter spesialis Vaksinasi

Sediakan ruangan yang nyaman dan aman

Pelayanan cepat

Memiliki izin khusus vaksin internasional, sehingga keaslian vaksin terjamin dan terdaftar di BPOM.

Bulan Ramadhan bukanlah halangan bagi kita untuk melakukan vaksinasi, karena di dalam tubuh yang sehat dan kuat terdapat vaksin yang dilakukan secara rutin dan sesuai dosis aman dari dokter. Semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya sahabat Hermina

 

 

Referensi

Kesehatan yang Baik. Diakses pada 2024. Akankah Mendapatkan Vaksin COVID-19 Membatalkan Puasa Ramadhan Saya?

Pos Huffington. Diakses pada 2024. Ramadhan: Mengapa Vaksinasi Covid Tidak Membatalkan Puasa.

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.