Integrated Emergency Management System

Sasaran dari SPGDT ini antara lain: 1) ketepatan dan kecepatan dalam melayani pasien gawat darurat sebelum sampai di rumah sakit, 2) waktu tanggap yang lebih cepat sehingga golden period penanganan pasien serangan jantung dapat tercapai, sehingga angka keberhasilannya tinggi, dan 3) terciptanya masyarakat yang aman. Masyarakat merasa tenang, aman, dan nyaman karena mutu penanganan kegawatdaruratan medis dan non medis terjamin.

Metode pembuatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu ini adalah studi kasus. Permasalahan yang terjadi antara lain: angka DOA yang tinggi, angka kesakitan dan kematian akibat penyakit jantung yang tinggi, keluhan masyarakat terhadap pelayanan ambulans, tidak adanya panggilan gawat darurat di RS Hermina Tangkubanperahu. Berdasarkan permasalahan tersebut muncul ide untuk membuat Program SPGDT di RS Hermina Tangkubanperahu.

SPGDT RS Hermina Tangkubanprahu merupakan suatu sistem manajemen pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur-unsur, yaitu pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit, dan pelayanan antar rumah sakit. SPGDT harus berjalan secara terpadu, baik pra rumah sakit, intra rumah sakit, maupun antar rumah sakit. Sebagai salah satu inovasi di bidang kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi, diharapkan sistem ini dapat mempermudah koordinasi dalam penanganan pasien gawat darurat.

Layanan SPGDT juga tersedia di RS Hermina Tangkubanprahu sebagai rumah sakit yang berlokasi di pusat Kota Malang. Diharapkan dengan adanya layanan ini akan memudahkan akses layanan pasien gawat darurat dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pertolongan saat terjadi kasus gawat darurat.

Pelayanan ini berbasis pada respon cepat dengan menitikberatkan pada penghematan waktu dan penyelamatan nyawa serta anggota tubuh. Masyarakat memiliki peran penting dalam pelaksanaan SPGDT, khususnya dalam memberikan pertolongan pertama bagi penderita gawat darurat. RS Hermina Tangkubanprahu telah bekerja sama dengan layanan ambulans dan relawan di Kota Malang, sehingga proses pelayanan dan rujukan dapat berjalan lebih cepat dan terpadu.

Categories