Anyang - Anyang Symptoms of Urinary Tract Infection

Anyang - Anyang Symptoms of Urinary Tract Infection

Anyang - Anyang Gejala Infeksi Saluran Kemih

Pernahkah Anda mengalami kecemasan? Anyang-anyangan biasanya terjadi ketika seseorang menahan kencing. Jika muntah terus terjadi, Anda perlu waspada karena bisa jadi saluran kemih Anda sedang bermasalah.

Infeksi saluran kemih merupakan gangguan sistem saluran kemih yang paling umum terjadi. Kondisi ini terjadi ketika urin yang dikeluarkan melalui sistem saluran kemih terkontaminasi bakteri dan menyebabkan peradangan. Nah, salah satu gejala khas dari kondisi ini adalah buang air kecil tidak tuntas (BAK).

Dalam istilah medis, kecemasan disebut juga dengan disuria. Anyang-anyangan bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit tertentu. Kelainan ini dapat terjadi baik pada pria maupun wanita, namun lebih sering terjadi pada wanita.

Gejala kecemasan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun umumnya seseorang akan merasakan keluhan-keluhan berikut ini ketika mengalami kecemasan:

• Nyeri atau perih saat buang air kecil

• Buang air kecil lebih sering, namun dalam jumlah sedikit

• Buang air kecil terasa tidak tuntas

• Nyeri panggul, jika wanita mengalami keputihan

• Urin berbau tajam, lebih kental, atau bercampur darah

• Demam

• Mudah lelah

Masuknya bakteri ke dalam sistem saluran kemih merupakan penyebab utama ISK. Ada dua jenis ISK yang dibedakan berdasarkan penyebabnya, yaitu sistitis dan uretritis. Sistitis biasanya disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang banyak ditemukan di saluran cerna. Hubungan seksual yang tidak menerapkan kebersihan juga bisa menyebabkan penyakit sistitis.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kecemasan, yaitu:

• Wanita, karena saluran kemih (uretra) wanita lebih pendek dibandingkan pria, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih

• Iritasi pada vagina dan saluran kemih akibat penggunaan spermisida, sabun atau pembersih kewanitaan

• Perubahan kadar hormon, seperti saat hamil atau menopause

• Kelainan kongenital atau kongenital pada saluran kemih

• Sistem kekebalan tubuh lemah

• Penggunaan kateter urin jangka panjang

• Riwayat operasi pada saluran kemih

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

1. Minum banyak air

Minum banyak air dapat membantu menghilangkan bakteri dan memperlancar ekskresi urin. Selain itu, sakit maag bisa bertambah parah saat tubuh mengalami dehidrasi. Jadi, dengan minum air putih, hidrasi tubuh bisa tetap terjaga dan perburukan penyakit mata bisa dicegah.

2. Konsumsi makanan tinggi vitamin C

Makanan tinggi vitamin C dapat meningkatkan keasaman urin sehingga dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab ISK. Contoh makanan kaya vitamin C adalah jambu biji, jeruk, lemon, pepaya, kiwi, tomat, kembang kol, brokoli, atau kubis.

3. Konsumsi probiotik

Mengonsumsi probiotik dapat menyeimbangkan kembali populasi bakteri baik dalam tubuh sehingga dapat membunuh bakteri penyebab ISK dan mengurangi gejalanya. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya probiotik, seperti yoghurt, tempe, kimchi, atau natto untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4. Bersihkan vagina dengan cara yang benar

Bersihkan vagina dengan benar yaitu dari vagina hingga anus. Lakukan ini setiap kali setelah buang air kecil atau besar untuk mencegah penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan uretra.

5. Hindari produk yang dapat memicu iritasi

Hindari penggunaan produk yang dapat menyebabkan iritasi pada vagina dan saluran kemih. Contoh produk tersebut adalah sabun, bedak, atau produk pembersih area kewanitaan.

6. Mengkonsumsi obat-obatan

Jika anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka keluhan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi antibiotik, misalnya phenazopyridine. Untuk mengurangi nyeri yang dirasakan saat atau setelah buang air kecil, dokter juga dapat meresepkan obat pereda nyeri.

Cookies help us deliver our services. By using our services, you agree to our use of cookies.