Bunda Jangan Panik, Cara Mengatasi Biar Keringat Bayi dengan Langkah Berikut

Bunda Jangan Panik, Cara Mengatasi Biar Keringat Bayi dengan Langkah Berikut

Munculnya biang keringat pada bayi dapat diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memastikan bayi mengenakan pakaian yang nyaman dan mengurangi kontak langsung yang terlalu sering. Biasanya, biang keringat pada anak sering terjadi saat musim kemarau.
Ketika cuaca panas, tubuh akan menghasilkan keringat sebagai respons untuk menjaga kulit tetap dingin. Seharusnya, keringat tersebut dikeluarkan
melalui pori-pori, tetapi terkadang pori-pori dapat tersumbat, sehingga keringat terperangkap dan menyebabkan timbulnya bintil-bintil kecil berwarna merah.

Kondisi ini dapat ditangani, dan untuk mengetahui cara menghilangkan biang keringat pada bayi, terdapat beberapa langkah yang dapat mengatasinya,
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi biang keringat pada bayi:

  1. Pastikan bayi mengenakan pakaian yang nyaman, Ketika cuaca panas, pastikan bayi mengenakan pakaian dengan bahan yang lebih tipis dan dapat menyerap keringat, seperti katun. Jika pakaian bayi sudah basah karena keringat,
    segera ganti dengan yang kering. Hindari pakaian yang terlalu ketat agar aliran udara pada tubuh bayi tetap lancar.
  2. Jaga kebersihan kulit bayi, bayi merasa tidak nyaman dan rewel bila mengalami keluhan biang keringat. Pastikan kulit bayi tetap bersih dengan rutin mengganti pakaiannya, terutama jika sudah basah karena keringat.
  3. Pastikan suhu udara tetap sejuk dengan cara yang tepat. Pastikan sirkulasi udara di dalam rumah cukup baik agar bayi merasa nyaman. Ruangan yang panas dan lembap dapat menyebabkan bayi lebih mudah berkeringat dan berisiko mengalami biang keringat.
  4. Hindari kontak langsung yang terlalu sering dengan kulit bayi (skin to skin), terutama jika ruangan sedang panas.
  5. Oleskan krim atau lotion secukupnya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk-produk tersebut pada bayi yang mengalami biang keringat. Jangan sembarangan menggunakan krim atau lotion tanpa petunjuk medis yang jelas.

Nah,Bunda berikut adalah beberapa metode untuk mengatasi biang keringat pada bayi yang dapat dicoba di rumah. Bila Si Kecil mengalami biang keringat yang disertai demam tinggi atau kesulitan bernapas. Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis anak di RS Hermina Karawang.
 

Kutlubay Z, Tanakol A, Engin B, Ersin S, Serdaroglu S, Tuzun Y, et al. Newborn skin: common skin problems [Internet]. Vol. 12, Maedica (Buchar). 2017. 42-7 p.
Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5574071/
American Academy of Dermatology. Newborn Skin Rashes;
https://www.aad.org/member/education/residents/bdc/newborn-rashes

Cookie membantu kami memberikan layanan kami. Dengan menggunakan layanan kami, Anda menyetujui penggunaan cookie kami.